3 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman

Setelah latihan yang intens, kita pasti akan merasa lelah, lelah, sakit, dan tentu saja penuh dengan keringat. Tapi percaya atau tidak, pakaian yang kita kenakan saat berolahraga juga memengaruhi apa yang kita rasakan saat berolahraga.

Beberapa faktor yang memengaruhi, antara lain, kenyamanan pakaian yang digunakan. Termasuk jenis atau kain yang digunakan, apakah cocok untuk jenis olahraga yang akan dilakukan. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih pakaian saat berolahraga.

3 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman
3 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Nyaman

Pilih Bahan yang Nyaman

Pilih pakaian dengan kain yang kuat dan fleksibel. Ada banyak bahan sintetis yang bisa “mengeringkan” keringat di tubuh. Kain ini dapat membantu menguapkan keringat dan menjaga suhu tubuh tetap dingin.

Pakaian dari kain yang mengandung polypropylene adalah pilihan yang tepat untuk digunakan saat berolahraga atau ketika melakukan kegiatan lain yang dapat menghasilkan banyak keringat.

Itu karena, kain memungkinkan keringat menguap dari kulit dan tidak meresap ke pakaian. Jadi ramuan ini tidak akan membuat Anda merasa sangat berkeringat atau merasa tidak nyaman.

Pertimbangkan kembali saat menggunakan kapas. Kaos dan celana yang terbuat dari katun di satu sisi dapat menyerap keringat, tetapi bahan-bahan ini tidak membantu menguap keringat dengan cepat. Itu sebabnya pakaian yang terbuat dari katun akan terasa berat dan basah dengan cepat saat digunakan untuk berolahraga.

Hindari juga pakaian yang terbuat dari karet atau plastik. Itu karena, ramuan ini tidak menguapkan keringat dan menjaga suhu tubuh tetap tinggi saat berolahraga.

Gunakan Bahan yang Tepat

Untuk memastikan pakaian olahraga Anda cocok untuk tubuh Anda dan jenis olahraga yang akan Anda lakukan, simak tips berikut.

Pastikan Anda menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Namun, jika Anda berlari atau bersepeda, hindari celana yang terlalu lebar atau longgar. Itu karena, celana ini bisa tersangkut di pedal sepeda atau menginjak kaki Anda.

Untuk kegiatan seperti yoga atau pilates, kain yang fleksibel dan dapat menguapkan keringat adalah pilihan yang tepat. Secara umum, ingatlah bahwa Anda tidak ingin menggunakan pakaian yang dapat menghambat aktivitas yang Anda lakukan.

Sesuaikan dengan Cuaca

Jika Anda berolahraga di luar ruangan, sesuaikan pakaian Anda dengan cuaca di luar ruangan. Beberapa tips yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

Cuaca panas, selama cuaca hangat atau panas, pastikan untuk memilih pakaian dengan bahan-bahan yang memungkinkan kulit Anda bernapas dan menghilangkan keringat dengan cepat. Pakaian yang nyaman akan memungkinkan Anda untuk bergerak bebas.

Cuaca dingin, ketika cuaca di luar dingin, pastikan Anda menggunakan pakaian hangat. Namun, perlu diingat bahwa Anda akan pergi berolahraga sehingga akan meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda. Gunakan pakaian berlapis yang mudah dilepas dan gunakan pakaian yang lebih hangat dari suhu di luar ruangan. Jangan lupa untuk selalu menutupi kepala, telinga, dan tangan untuk melindunginya dari hawa dingin.

Hujan atau cuaca berangin, tidak ada yang dapat merusak rencana olahraga luar ruangan lebih cepat daripada hujan deras atau angin kencang. Saat cuaca cerah, gunakan pakaian berlapis yang dapat melindungi tubuh Anda dari angin kencang dan paparan langsung ke air hujan.

Tapi apa pun cuaca yang terjadi, gunakan pakaian senyaman mungkin untuk berolahraga dan selalu perhatikan cuaca di luar ruangan.