Teknologi Epson Membuat Pameran Seni TeamLab Lebih Hidup

Di era digital seperti sekarang ini, kombinasi seni dan teknologi sulit untuk dipisahkan. Teknologi sekarang dapat membantu sebuah karya seni menjadi lebih hidup dan bermakna.
Seperti yang dilakukan oleh perusahaan teknologi Epson, yang ikut serta dalam pameran seni kelas dunia bertajuk TeamLab Future Park 2019 di Gandaria City, Jakarta.

Pameran seni ini adalah pameran seni interaktif terbesar yang diklaim di Jakarta. TeamLab Future Park Jakarta memiliki konsep penciptaan kolaboratif (co-creation) dan hubungan baru dari manusia, alam, ilmu pengetahuan, dan teknologi melalui seni.

Peran teknologi sangat penting di sini. Karya seni yang dipamerkan adalah dalam bentuk gambar animasi yang ditampilkan di dinding menggunakan proyektor sebagai hasil kolaborasi dengan Epson.
“Epson kembali berkolaborasi dengan TeamLab untuk menggunakan proyektor dari Epson untuk menampilkan karya seni dari seniman mereka. Proyektor dipilih dengan teknologi terbaru yang dapat digunakan dengan mengubah lensa untuk menyesuaikan jarak pemotretan cahaya dan sensor gerak di dalamnya,” kata Product & Instrumen Pemasaran Produk Visual Indonesia, Zanipar Siadari, ditemukan di pameran pada hari Rabu (26/6).

Teknologi Epson Membuat Pameran Seni TeamLab Lebih Hidup

Dalam pameran TeamLab ini, Epson menghadirkan teknologi proyektor terbaru dengan teknologi 3LCD yang mampu menampilkan karya seni dari artis TeamLab. Proyektor Epson 3LCD mampu menghasilkan tingkat kecerahan tinggi.
Tidak hanya itu warna juga terlihat alami dan nyaman di mata, dan tidak menghasilkan efek pelangi dan pada saat yang sama mampu menghemat konsumsi listrik rata-rata 25 persen dibandingkan teknologi lainnya.

Uniknya, pengunjung pameran dapat berinteraksi dengan gambar yang ditampilkan oleh proyektor Epson ini. Ada sensor yang menghubungkan proyektor dengan komputer yang akan menampilkan respons dari sentuhan.

“Pameran TeamLab ini unik. Gambar bisa interaktif. Kami menyentuh gambar yang dapat menghasilkan sesuatu, seperti meletakkan tangan di dinding, ada gambar pohon di jari-jari kami. Itulah kelebihan sensor yang terhubung dengan proyektor dan komputer. Prosesnya cepat dan responsif, “jelasnya. Lebih lanjut, Zanipar menjelaskan kehadiran Epson di pameran TeamLab Future Park Jakarta 2019 adalah bukti bahwa proyektor Epson dapat diterapkan di berbagai bidang dan digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Epson Indonesia bertindak sebagai mitra pencitraan resmi di TimLab Future Park, Jakarta and Animals of Flowers, acara Symbiotic Lives yang diadakan di Gandaria City selama 6 bulan, dari 20 Juni hingga 20 Desember 2019.

Ada 5 porsi karya instalasi yang akan memanjakan mata pengunjung serta mengundang interaksi di area seluas 2.000 meter persegi.

Pengunjung dapat memasuki pameran ini dengan membeli tiket seharga Rp 135 ribu untuk hari kerja dan Rp 150 ribu untuk akhir pekan.