7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman obat milik suku temuan. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa. Di Indonesia, jahe banyak digunakan untuk herbal godog.

Jahe liar mengandung 48-59,64 persen pati, kurkumin 1,6-2,2 persen dan minyak esensial 1,48-1,63 persen dan diyakini meningkatkan kerja ginjal dan anti-peradangan.

Temulawak dapat dibudidayakan secara sederhana dan kadang-kadang bahkan dapat tumbuh tanpa harapan kita. Tetapi jahe lebih banyak ditemukan di daerah pedesaan, terutama di dataran menengah dan tinggi.

Selain itu, jahe juga sering tumbuh dengan baik di tanah yang rindang dan terlindung dari sinar matahari. Bahan lain yang ditemukan dalam curcuma adalah protein, karbohidrat, dan minyak esensial yang terdiri dari kapur barus, glukosida, kunyit, dan kurkumin.

7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya
7 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Sampingnya

Selain digunakan sebagai obat herbal, jahe juga sering digunakan sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil pati, kemudian diolah menjadi bubur untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan pencernaan dan bayi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jahe, berikut adalah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Mengatasi masalah sistem pencernaan

Mengkonsumsi jahe dapat merangsang produksi empedu di kantong empedu, sehingga dapat membantu pencernaan dan metabolisme makanan di dalam tubuh.

Curcuma juga bisa mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. Jahe juga baik untuk orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain diolah menjadi herbal untuk diminum, jahe juga kerap menjadi salah satu obat herbal tambahan untuk membuat obat-obatan untuk menambah nafsu makan.

2. Mengatasi peradangan sendiri

Peradangan pada sendi atau osteoartritis seringkali menyebabkan penderita mengalami nyeri pada sendi. Mengkonsumsi jahe dipercaya bisa meredakan nyeri pada persendian. Bahkan sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan, jahe memiliki sifat yang sama dengan ibuprofen yang sering diberikan kepada penderita osteoarthritis.

3. Tingkatkan stamina

Daripada mengonsumsi minuman suplemen stamina yang terbuat dari bahan kimia, lebih baik mengonsumsi minuman alami atau makanan, tanaman herbal, atau buah-buahan untuk meningkatkan stamina. Jahe juga dipercaya meningkatkan stamina.

Campurkan kunyit dengan jahe untuk dikonsumsi nanti, ramuan ini bisa membuat tubuh tidak mudah lelah dan terlalu bersemangat. Ini bisa terjadi karena kandungan tonik di dalamnya.

4. Mengatasi pilek

Manfaat jahe selanjutnya yang sering tidak disadari adalah kemampuannya mengatasi masuk angin. Dingin adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda terasa buruk yang dapat disertai dengan perut kembung, sakit kepala, kedinginan, atau mual. Penyebabnya bisa terjadi karena berbagai faktor.

Jahe dapat membuat tubuh lebih hangat, dan mengurangi mual yang disebabkan oleh pilek.

5. Meningkatkan kekebalan

Jika Anda mudah sakit, jahe dapat membantu Anda. Curcuma sebenarnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih terlindungi dari penyakit ringan yang bisa menyerang kapan saja.

Buat campuran jahe dengan menghaluskan jahe lalu ekstrak jusnya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum setiap hari.

6. Mencegah kanker

Curcuma juga sering disebut sebagai ginseng Indonesia, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat keberhasilan temulawak berikutnya adalah mencegah dan menangkal radikal radikal.

Jahe dapat membantu mengecilkan sel kanker pada pasien lanjut. Karena kanker dapat terjadi karena radikal bebas, jahe yang mencegah radikal bebas dapat mencegah pembentukan kanker dalam tubuh.

7. Bersihkan kulit wajah

Selain bermanfaat bagi tubuh, ternyata jahe juga baik untuk kulit, misalnya bisa mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, meremajakan kulit, menyamarkan kulit bekas luka, dan antioksidan untuk kulit.

Cara menggunakan jahe untuk wajah adalah dengan minum jus, atau membuat masker jahe. Tambahkan madu dan jeruk nipis untuk hasil maksimal. Untuk masker, pilih bubuk jahe agar lebih mudah digunakan.

Perawatan menggunakan bahan alami adalah perawatan jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan, jadi Anda harus sabar dan sabar dalam menggunakannya.

Efek samping dari Curcuma

Meski alami, penggunaan curcuma tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi temulawak secara berlebihan dapat merangsang cairan empedu, yang dapat memperburuk kondisi pasien dengan gangguan hati dan kandung empedu.

Ini bisa terjadi karena jahe memiliki banyak zat yang dapat merangsang produksi empedu. Curcuma juga tidak boleh dikonsumsi untuk wanita hamil dan menyusui karena dapat membahayakan janin.