5 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan, Salah satunya adalah Mengurangi Nyeri Haid

Gula Merah adalah pemanis alternatif yang biasa digunakan untuk menambah rasa pada makanan atau minuman. Gula merah ini adalah salah satu pemanis alami yang cukup populer di Indonesia. Pemanis alami yang terbuat dari getah pohon kelapa.

Nira sendiri adalah cairan yang dilepaskan dari bunga pohon dari keluarga palma seperti kelapa, gula aren, dan siwalan. Di balik rasa manis yang khas ini, ternyata ada banyak manfaat gula merah yang tidak diketahui sebagian orang. Ya, gula merah dipercaya mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat gula merah yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Karena itu, jangan ragu mengganti pemanis makanan atau minuman Anda dengan gula merah ini.

5 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan, Salah satunya adalah Mengurangi Nyeri Haid
5 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan, Salah satunya adalah Mengurangi Nyeri Haid

Beberapa penelitian mengatakan bahwa dalam gula merah ada beberapa bahan seperti vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan antosianidin.

Tidak hanya itu, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain dalam bentuk vitamin inositol B yang dapat membantu perasaan dan membuat tubuh lebih kuat dan stamina.

Nah, dengan beberapa nutrisi yang terkandung dalam gula merah ini, tidak mengherankan jika gula merah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dapat Meringankan Nyeri Menstruasi

Untuk setiap wanita, setiap bulan dia akan mengalami sebulan atau periode menstruasi. Tidak jarang haid membuat beberapa wanita mengalami rasa sakit yang luar biasa. Nah, untuk meredakan rasa sakit saat menstruasi, Anda bisa menggunakan gula merah ini.

Cara meredakan nyeri haid dengan gula merah adalah dengan mengonsumsi sedikit gula merah utuh dan kemudian lanjutkan dengan istirahat yang cukup. Perlahan, rasa sakit akibat menstruasi akan berkurang.

Agar nyeri haid mereda dengan cepat, Anda bisa membuat campuran gula merah dan kunyit. Caranya, parut kunyit dua rimpang, peras, dan campur dengan satu gelas air. Masak air bersama-sama dengan 20 gram gula merah sampai mendidih. Tunggu hingga tepung kunyit mengendap, lalu minumlah campuran kunyit dan gula merah.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk mendapatkan sistem pencernaan yang sehat, cobalah mengganti gula dalam minuman atau makanan sehari-hari dengan gula merah. Metode ini cukup untuk membantu Anda mendapatkan sistem pencernaan yang sehat dan terawat dengan baik.

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat yang keras kepala dan sulit diatasi, Anda dapat menggunakan gula merah sebagai masker atau memakannya secara teratur setiap hari.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam gula merah sangat diyakini mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah atau tubuh.

Cegah Anemia

Seperti dijelaskan di atas, jika gula merah memiliki kandungan zat besi yang baik. Karena itu, gula merah dipercaya mampu mengatasi masalah kekurangan darah atau anemia.

Anda bisa makan gula merah ini setidaknya 1 gram setiap hari untuk membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat dan jauh dari anemia.

Cegah Asma

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita asma mengkonsumsi gula merah alami untuk mengatasi rasa sakit. Khasiat anti-alergi yang ditemukan dalam gula merah adalah salah satu alasan utama mengapa gula merah dikatakan dapat mencegah dan bahkan menyembuhkan asma.