7 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker

Buah Mengkudu terkenal karena rasanya pahit dan baunya sangat tajam. Karena itu, banyak orang menghindarinya dan bahkan tidak ingin mengkonsumsinya. Padahal buah ini mengandung banyak manfaat bagi tubuh.

Masih banyak orang yang belum tahu tentang manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Ini karena rasa dan aroma seperti yang dijelaskan sebelumnya, dan mungkin bahkan penampilan buah Noni sendiri membuat orang enggan untuk mengkonsumsinya.

Padahal manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangat beragam. Mulai dari penyakit ringan yang tidak berbahaya hingga penyakit parah dan berbahaya dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengonsumsi buah mengkudu yang sering digunakan sebagai ladang jus ini.

7 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker
7 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker

Berikut ini adalah ulasan manfaat buah Mengkudu untuk kesehatan:

1. Mengatasi demam

Manfaat pertama buah mengkudu adalah mengatasi demam. Hal ini disebabkan oleh sifat antivirus yang dimiliki oleh buah mengkudu dapat membantu mengatasi demam, rasa sakit, hingga batuk. Dengan mengonsumsi jus mengkudu secara teratur setiap hari, Anda selalu dapat menjaga kesehatan tubuh.

2. Mengurangi risiko asam urat

Manfaat buah mengkudu ini kemudian bisa mengurangi risiko encok. Mengonsumsi jus buah mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi risiko asam urat. Gout sendiri adalah salah satu jenis peradangan pada persendian yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian.

3. Obati arthritis

Selain bisa mengatasi demam, jus buah noni juga bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Bahkan makan buah mengkudu juga bisa mengurangi kerusakan sendi yang terjadi saat terkena radang sendi.

Ini terkait dengan sifat analgesik buah mengkudu. Bahkan sifat analgesik buah mengkudu sebanding dengan resep obat analgesik yang biasa digunakan untuk mengobati nyeri sedang hingga berat.

Tidak hanya dikonsumsi, membungkus daun noni segar di sekitar area masalah juga dapat meredakan radang sendi, pembengkakan dan rasa sakit akibat radang sendi.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah Mengkudu selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Ini karena mengkudu ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, hingga anti-histamin yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh dalam konten scopoletin.

Bahkan sifat anti-bakteri dari buah mengkudu efektif dalam mengatasi bakteri yang menyebabkan gangguan pencernaan dan kemih serta penyebab infeksi kulit dan tulang.

5. Mengurangi stres

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan adalah mengurangi stres. Ini bisa terjadi jika Anda minum jus mengkudu disertai dengan olahraga teratur, seperti melakukan yoga atau meditasi. Buah mengkudu dapat mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak seseorang.

6. Mencegah kanker

Buah mengkudu juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Dengan beragam antioksidan, buah mengkudu dapat mengatasi risiko kanker. Selain itu, buah mengkudu diketahui memiliki khasiat yang merangsang kekebalan tubuh dan melawan tumor.

7. Hindari kerusakan akibat stroke

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, buah mengkudu dapat membantu Anda menghindari kerusakan otak akibat stroke. Ini masih terkait dengan kandungan anti oksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam buah mengkudu ini.

Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh stroke. Orang yang secara teratur minum jus noni setiap hari akan mengalami lebih sedikit kerusakan otak dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Jadi Anda bisa makan buah ini secara teratur sehingga Anda dapat menghindari kerusakan akibat stroke.

8. Menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang mengalami peningkatan kolesterol, buah noni adalah solusi yang sangat baik. Bahkan peningkatan kolesterol ini dapat menjadi faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Jus mengkudu dapat mengurangi kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi, di mana lipoprotein adalah jenis kolesterol yang baik.

Jadi walaupun rasanya sangat pahit dan aromanya sangat tajam, ada banyak manfaat yang bisa didapat saat mengonsumsi buah mengkudu . Tentu Anda tidak akan rugi jika mengonsumsi buah mengkudu ini secara teratur.