Di Cina, Guncangan Foto Wajah Bisa Mendapat Hadiah Peralatan Masak

Sebuah perusahaan kecerdasan buatan (AI) di Cina menawarkan hadiah dalam bentuk peralatan memasak untuk warga negara yang bersedia berkontribusi wajah mereka untuk memenuhi kebutuhan data mereka dalam pelatihan teknologi AI mereka. Perusahaan adalah Data Qianji.
Beberapa peralatan memasak yang ditawarkan termasuk pot, cangkir teh, dan ceret. Tanpa diduga, tawaran itu mendapat respons yang sangat baik dari penduduk di sebuah desa kecil di Provinsi Henan, Cina.

Warga rela antre di pinggir jalan untuk mengambil nomor seri. Mereka bersedia memberikan wajah mereka ke database pembelajaran mesin perusahaan untuk melatih teknologi AI.

Di Cina, Guncangan Foto Wajah Bisa Mendapat Hadiah Peralatan Masak

Mereka tidak keberatan dengan tujuan perusahaan sambil membawa pulang peralatan masak. Bahkan, beberapa dari mereka mengaku datang tiga hingga empat kali untuk menyumbangkan wajah mereka ke mesin AI.
Pemindaian wajah orang untuk AI dilakukan agar perusahaan memiliki teknologi yang mampu membedakan wajah atau rekayasa asli.
“Proyek AI terbesar telah melibatkan 10.000 orang, dan semuanya adalah orang yang tinggal di daerah ini,” kata CEO Qianji Data Liu Yangfeng.

Menurut laporan Reuters, warga diminta berdiri di depan kamera sambil memegang foto wajahnya. Foto wajahnya menunjukkan kepala, mata, dan hidungnya, lalu perlahan-lahan berputar dari satu sisi ke sisi lain.
Foto-foto warga akan digunakan untuk melatih perangkat lunak AI untuk mengenali fitur wajah yang sebenarnya.

“Kami membuat lebih banyak data untuk algoritma AI perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengembangkan kecerdasan buatan di China,” kata Liu, yang enggan mengungkapkan kliennya yang bekerja dengan Qianji Data.
Data memang merupakan kebutuhan yang sangat mendasar untuk melatih algoritma AI agar dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan industri global. Salah satunya dengan mengumpulkan informasi dalam bentuk foto dan video, dengan harapan mesin AI dapat memahami apa yang dilihatnya.